JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kepri Koordinasikan Pengembangan Kegiatan Kementerian Pertanian dengan BBI Provinsi Kepri

Sebagai garda terdepan pengembangan inovasi teknologi pertanian Indonesia, BPTP Kepulauan Riau terus lakukan kerjasama dengan berbagai instansi terkait untuk pelaksanaan kegiatan Kementerian Pertanian. Pada hari Kamis, 24 Juni 2021, BPTP Kepri mengunjungi Balai Benih Induk (BBI) Provinsi Kepri di Kabupaten Bintan untuk berkoordinasi dan memantapkan kerjasama yang selama ini telah terjalin.

Kegiatan pertama yang didiskusikan oleh BPTP Kepri adalah kegiatan produksi benih di kebun BBI Kepri, yakni produksi benih sorghum, kedelai, dan mangga. Kebutuhan benih dan bibit di Kepulauan Riau menjadi masalah sendiri, mengingat posisi geografisnya yang membuat pengiriman benih dan bibit menjadi lebih sulit, lama, dan sangat mahal. Oleh karena itu, produksi benih secara mandiri sangat penting untuk pengembangan pertanian di provinsi ini. Untuk saat ini, telah ditanam sekitar 2 ha sorghum varietas unggul Balitbangtan, yakni Bioguma-1 dan Suri 4 Agritan. Kedua varietas unggul ini memiliki potensi produksi yang tinggi. Terdapat dua metode penanaman yang diterapkan, yakni tanam pindah dan tanam langsung. Kegiatan produksi benih kedelai dan bibit mangga belum dimulai untuk saat ini, namun akan dimulai dalam waktu dekat. Diharapkan kegiatan produksi benih ini dapat membantu memenuhi permintaan benih lokal, serta menjadi percontohan bagi petani untuk memproduksi benih sendiri sehingga Kepulauan Riau nantinya akan mandiri benih.

 

Pada kesempatan ini, Kepala BPTP Kepri juga menyampaikan mengenai hasil rakor yang telah diikuti terkait pengembangan Food Estate dan produksi Ayam KUB. Kepala BPTP Kepri, Dr. Ir. Sugeng Widodo, M.P. menyampaikan rencana pembuatan percontohan produksi Ayam KUB di Kebun BBI, selain di tempat petani nantinya. Beliau juga menyampaikan kepada Kepala BBI Provinsi Kepri, Bapak Nil Erison, S.TP. mengenai rencana pengembangan Food Estate di Kepri. Food Estate adalah salah satu strategi untuk menghadapi masalah pangan global dengan menerapkan integrasi pertanian dari hulu hingga hilir.

Kepala BBI Provinsi Kepri yang didampingi Kasi Pelayanan Tanaman Pangan dan Hortikultura, Bapak Joko Sentioso, S.Hut, menyambut baik koordinasi kali ini dan berkomitmen untuk terus bekerjasama dengan BPTP Kepri dalam penerapan teknologi pertanian sehingga dapat disebarluaskan dan diadopsi oleh petani, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.