JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Manfaatkan Limbah Ternak, BPTP Kepri Gelar Bimtek di Tanjungpinang

Bimbingan teknis (Bimtek) hari kedua pengolahan limbah ternak padat dan cair yang diselenggarakan BPTP Kepri (17/6/2021) ini kelanjutan dari Bimtek di GOR Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Kota Tanjungpinang (16/6/2021). Setelah peserta Bimtek pada hari pertama mendapatkan materi (teori), dihari kedua ini peserta diajak untuk mempraktikan langsung dari teori yang ada.

Tujuan dari Bimtek praktik adalah agar petani/peternak selain memiliki pengetahuan sekaligus cepat mampu mempraktikkan secara langsung pengolahan limbah ternak padat dan cair. Agar limbah ternak segera cepat dapat diproses menjadi lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual. Sangat diharapkan peserta yang telah mengikuti Bimtek ini dapat melakukan kegiatan pengolahan pupuk padat dan cair yang mampu menghasilkan rupiah untuk kebutuhan hidupnya.

 

Berlokasi di kandang ternak pak Ali yang tidak jauh dari Pesantren Al-Kautsar, peserta sangat antusias mengikuti Bimtek. Sekitar 40 peserta hadir dari di kelompok tani Maju Jaya, petani pengelola pertanian di Pesatren Al-Kautsar, berapa Ketua Kelompok Tani/Kelompok ternak di Kota Tanjungpinang, Penyuluh Pertanian Kota Tanjungpinang, Penyuluh Pertanian Provinsi Kepulauan Riau, dan Anggota Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama Kota Tanjungpinang.

Acara Bimtek ini dipandu oleh Lutfi Humaidi, M.Sc (penyuluh BPTP Kepri). Lutfi mengharapkan agar apa telah disampaikan BPTP Kepri bisa diterapkan, menambah pengetahuan serta mampu dilanjutkan sehingga bisa membawa manfaat untuk peningkatan kesejahteraan keluarga petani/peternak dan masyarakat.

Ketua Kelompok Tani Maju Jaya, Sutrisno ditemua di acara Bimtek menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan BPTP Kepri melalui kegiatan ini sehingga petani/peternak dan masyarakat bisa memanfaatkan limbah ternak yang selama ini tidak termanfaatkan optimal.

Acara inti yaitu praktek pembuatan pupuk kompos dilanjutkan dengan pembuatan biourine dari kotoran ternak yang disampaikan langsung oleh narasumber dari Penyuluh BPTP Kepri, R. Catur Prasetiyono, SP., SST.