JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kepri Gelar Seminar Penajaman Proposal Kegiatan TA. 2021

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepulauan Riau pada Rabu, 24 Februari 2021 menyelenggarakan Seminar Seminar ini bertujuan untuk memaparkan beberapa kegiatan yg akan dilaksanakan oleh BPTP Kepri pada tahun 2021. Kegiatan seminar proposal ini sekaligus menjadi ajang untuk penajaman proposal kegiatan yang diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi teknologi spesifik lokasi.

Seminar yang digelar di AULA Lantai 2 Kantor BPTP Kepri dihadiri oleh Kepala BPTP Kepri, Dr. Ir Sugeng Widodo, MP, Kasubag. Tata Usaha, Sahrul Hadi Nasution, SP, Koordinator Program sekaligus Ketua Pelaksana Seminar, Zulfawilman, S.Pt, Peneliti, Penyuluh, dan Litkayasa, serta seluruh karyawan BPTP Kepri. Turut hadir dalam seminar ini, Kepala Balai Benih Induk Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan Kepulauan Riau, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan.

Kepala BPTP Kepri, Dr. Ir. Sugeng Widodo, MP. dalam arahannya menyampaikan pada Tahun 2021 seluruh BPTP akan melaksanakan pengkajian sesuai dengan permasalahan dan potensi daerah masing-masing. Ditekankan juga bahwa hal yang sangat penting dalam menyusun proposal adalah adanya masukan dari Pemerintah Daerah karena kegiatan yang akan dilaksanakan akan bersinergi dengan Kabupaten/Kota yang ada di wilayah.

“Meskipun pandemi Covid-19 masih belum usai, seminar proposal ini karena merupakan kegiatan rutin tahunan dimana momen ini menjadi wadah penyampaian rencana kegiatan BPTP Kepri, maka kita tetap jalankan dengan ketat menerapkan protokol kesehatan. Harapannya melalui seminar, nantinya kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan BPTP Kepri di lapangan baik itu pengkajian, perakitan, pengembangan  dan diseminasi teknologi pertanian dapat tepat guna spesifik lokasi,” kata Sugeng.

Pemaparan proposal dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama dipresentasikan RDHP Rintisan Pengembangan Perbenihan VUB Balitbangtan di Kepri yang secara operasional terbagi empat judul proposal kegiatan yaitu Perbenihan padi, sorgum, kedelai, dan mangga. Sesi kedua RDHP Pendampingan Pelaksanaan Program dan Kegiatan Utama Kementerian Pertanian dan RDHP Pameran, Publikasi dan Diseminasi Teknologi Pertanian yang secara operasional terbagi dua judul proposal kegiatan yaitu Pameran, Publikasi dan Diseminasi Teknologi Pertanian dan Pendampingan Teknologi Integrasi Tanaman-Ternak. Sedangkan sesi ketiga RDHP Sumber Daya Genetik yang Terkonservasi dan Terdokumentasi yang secara operasional terbagi menjadi tiga judul proposal yaitu Pengelolaan Sumberdaya Genetik, Pengelolaan Taman Agro Inovasi dan KBI, Pengembangan Database dan Identivikasi Potensi Sumberdaya Pertanian di Kepri.

Usai masing-masing penaggungjawab mempresentasikan proposal kegiatan, moderator memberikan kesempatan evaluator memberikan masukan. Evaluator  menyampaikan saran dan masukan yang kontruktif terutama pada tujuan dan metodologi, sehingga kegiatan di lapangan nantinya akan lebih baik dan menghasilkan karya ilmiah yang dapat memberikan manfaat untuk kesejahteraan petani.