JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Panen Perdana Bawang Merah di Kabupaten Bintan

Tanjung Pinang - Panen perdana Bawang Merah diadakan di Kabupaten Bintan bersama Wakil Bupati Bintan yakni Bapak Drs. Khazalik dilakukan pada tanggal 10 Juni 2015. Panen ini merupakan hasil uji coba beberapa kali dan akhirnya bisa berkembang di Bintan. Menurut keterangan petani, terjadi peningkatan umbi 9-12 kali. Hal ini harus diapresiasi. Pemkab Bintan akan terus mendukung dan mendampingi pembibitan bawang yang dilakukan kelompok tani Makaryo. Wakil bupati Bintan, Bapak Khazalik optimis untuk menjadikan Bintan sebagai penghasil bawang merah dan akan memberikan branding “Bawang Bintan”.

Penanaman Bawang Merah di Bintan merupakan model laboratorium lapang inovasi pertanian (LLIP) LPTP Kepri, Badan Litbang Pertanian,  bekerjasama dengan kelompok tani Makaryo, kelurahan Topaya Asri dan pemerintah daerah. Pada tahun 2015 LLIP dilanjutkan dengan Penelitian Bio indutri berbasis tanaman hortikultura khusunya bawang merah dan usahatani ternak kambing. Berkat inovasi dan rekomendasi dari LPTP Kepri, kelompok tani Makariyo mampu menghasilkan bibit bawang merah yang bisa beradaptasi dengan iklim dan kondisi tanah yang ada di Bintan melalui beberapa kali uji coba. Varietas bawang yang ditanam adalah Menthes dan Pancasona yang merupakan bantuan dari Balai Penelitian Sayuran (Balitsa) atas rekomendasi dari LPTP Kepri.

Bawang merah merupakan komoditas yang diimpor oleh Indonesia dan juga merupakan salah satu indikator inflasi Negara. Dengan adanya penanaman bawang merah di Kepulauan Riau, dapat mengurangi impor bawang dari Sumatra dan Jawa. Selain itu, penanaman bawang merah dapat meningkatkan pendapatan petani.

Panen perdana bawang Bintan ditandai dengan pencabutan bawang merah oleh wakil bupati Bintan disaksikan Kepala Dinas Pertanian Kepri, Said Jafar, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bintan, Ahmad Izhar dan perwakilan dari LPTP Kepri yaitu M. Nasir, Suwandi dan Salfina serta perwakilan masyarakat Bintan. Bersamaan dengan ini, Wakil Bupati Bintan juga memberikan bantuan secara simbolis berupa belasan unit mesin pemotong rumput, beberapa hand sprayer, serta bibit tanaman salak, sirsak dan jambu air.