JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Partisipasi Balitbangtan dalam Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo 2015

Batam – Pekan Inovasi Sumatera Batam Trade Expo 2015 yang ke-4 telah dilaksanakan pada tanggal 16 – 18 April 2015 di Gedung Sumatera Convention Centre di kota Batam. Kegiatan pameran ini melibatkan sekitar 60 stan. Akan tetapi hanya 45 stan saja yang diisi peserta, baik yang mewakili Kementerian, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota/Kabupaten, BUMN, Perguruan Tinggi, dan Swasta.

Pameran dibuka secara resmi oleh Walikota Batam yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Batam, Bapak H. M. Rudi, SE., MM. Dalam sambutannya Wakil Walikota menyampaikan bahwa “Produksi negeri sendiri merupakan prioritas, walaupun Batam dekat dengan Negara tetangga namun tetap harus memajukan produksi dan memberikan stimulasi demi kemajuan Usaha Kecil Menengah (UKM)”. Pameran ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Karang Anyar, Rohadi Widodo dan Kepala Bappeda Kabupaten Landak.

Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) turut memeriahkan pameran ini. Disini Loka Pengkajian Teknologi Pertanian Kepulauan Riau bekerjasama dengan Puslitbangbun, BB Biogen dan Balitbu menampilkan berbagai inovasi teknologi dan publikasi diantaranya Wolkaponik, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Kultur Jaringan mendapat perhatian yang lebih dari para pengunjung. Wolkaponik merupakan inovasi terbaru dari Balitbangtan dimana Wolkaponik ini menampilkan teknologi budidaya sayuran yang diintegrasikan dengan ikan dan cocok diterapkan di area yang sempit, khususnya untuk wilayah perkotaan. Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) juga cocok diterapkan di wilayah perkotaan. Model M-KRPL ini intinya memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan hijau untuk menanam sayuran. Tanaman kultur jaringan yang dijadikan display diantaranya tebu, kakao, kopi, ubi jalar, ubi kayu, talas. Display kultur jaringan ini menarik pengunjung untuk lebih mengenal tentang apa itu kultur jaringan dan proses pembuatannya. Di pameran ini kami juga membagikan leafleat, buku-buku dan majalah sains kepada para pengunjung secara gratis.

Pameran ditutup dengan pengumuman stan terbaik, dimana Kab. Landak Kalimantan Barat menjadi stan terbaik pertama disusul dengan Kab. Alor NTT sebagai stan terbaik kedua dan Kab. Rokan Hilir Riau sebagai stan terbaik ketiga. Sedangkan stan terfavorit diperoleh Kab. Karanganyar Jawa Tengah. Kedepannya kegiatan ini diharapkan akan berjalan setiap tahunnya.