JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Panen Perdana Padi Sawah di Kabupaten Natuna

Natuna  (01/02/2015), Panen perdana padi sawah di Desa Batubi Jaya Kecamatan Bunguran Barat dihadiri oleh Bupati Natuna, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kodim, Komandan Polres, Koramil, Babinsa, Pimpinan SKPD se-Kabupaten Natuna, Kepala dan Staf Penyuluh Loka Pengkajian Teknologi Pertanian. Acara dilaksanaan pada hari Minggu, pukul 9.00 WIB. Bupati Natuna, Drs H. Ilyas Sabli, M.Si menyampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada seluruh  petani di Desa Batubi Jaya karena telah berhasil dalam hal pelaksanaan panen, memaksimalkan potensi lahan pertanian langkah awal memaksimalkan sektor pertanian untuk ketahanan pangan bagi Kabupaten Natuna. Pemerintah daerah mendukung kegiatan pertanian untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani serta diharapkan nantinya swasembada pangan.

Pemerintah Kabupaten  Natuna mempersiapkan kerjasama dengan Kodim 0318 Natuna dalam rangka meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Natuna. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Natuna, Drs. Izwar Asfawi, MM mengatakan potensi lahan yang bisa diolah untuk pertanian di Kabupaten Natuna seluas 5.091 ha dan telah dimanfaatkan seluas 600 ha. Total luas lahan 100 ha yang diperuntukkan untuk sawah di Desa Batubi Jaya yang telah ditanami padi seluas 34 ha dengan hasil ubinan sebanyak 4 ton/ha.

Kepala Dinas Kabupaten Natuna,  Drs. Izwar Asfawi, MM menyatakan bahwa sejak 2004 sampai sekarang  pemerintah konsisten melakukan penanaman padi di beberapa lokasi sepertin Serasan, Kelarik, Air Raya Ranai dan Batubi melalui ektensifikasi dan intensifikasi. Ektensifikasi yaitu melalui perluasan areal dilahan-lahan sub optimal yang masih tersebar di Kabupaten Natuna. Sedangkan, intesifikasi berupa perbaikan lahan berupa penggunaan varietas unggul baru dari Badan Litbang Pertanian seperti varietas inpari 3, inpari 4,  inpari 9,  inpari 10, inpari 13, inpari 14 inpari 19, inpari 20 dan inpago. Pengolahan lahan,  penambahan pupuk organik, pemberian kapur dan penambahan bahan anorganik merupakan tahapan budidaya. Bantuan yang telah diberikan ke petani oleh Pemkab Kabupaten Natuna berupa bantuan sarana produksi, benih, pupuk, obat-obatan, sarana jaringan dan irigasi hingga stimulasi usaha.