JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Rapat Konsolidasi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) Lingkup Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BBP2TP)

Dalam rangka meningkatkan nilai tambah produk pertanian untuk kesejahteraan petani, diadakan Rapat Konsolidasi KSPP Lingkup Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BBP2TP), dengan tema “Hilirisasi  Inovasi Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Produk Pertanian”  yang dilaksanakan di Hotel Amaris, Jalan Demang Lebar Daun, Ilir Barat - Palembang. Rapat ini dibuka oleh Kepala BBP2TP Dr. Ir. Abdul Basyit, MS. Dalam penyampaiannya Dr.Ir.Abdul Basyit, MS menekankan untuk perencanaan dan pelaksanaan kegiatan kerjasama harus mengacu pada output, dimana adanya output yang didapat, bukan semata –mata hanya pembiayaan tetapi ada hasil yang dicapai. Output yang didapat dari kerjasama diharapkan mendukung tugas pokok dan fungsi BPTP/LPTP dengan tujuan diseminasi dan untuk kesejahteraan petani.

Pada Kesempatan ini, Kepala Bidang KSPHP (Dr. Ir Hartati Mulyandari, M.Si), Kasie KSP ( Drs. Mulyono Hadi) dan Kasie PHP (Ir. Achmad Subaidi, M.Sc), menyampaikan tentang “Arahan dan Kebijakan Diseminasi Inovasi Lingkup BPTP/LPTP” dengan poin-poin penting isi  rapat Konsolidasi lingkup Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Sebagai Berikut :

  1. a) Identifikasi Mitra Binaan BPTP/LPTP dan rencana tindak lanjut
  2. b) Rencana aksi pembuatan Bunga Rampai 200 inovasi spesifik lokasi
  3. c) Optimasi agrimart
  4. d) Koordinasi Proposal KKP3I untuk tahun anggaran 2016
  5. e) Konsep gelar lapangan inovasi teknologi.

Untuk sementara, lingkup BBP2TP sudah memiliki lebih dari 500 kelompok mitra binaan, dimana sudah dibuat dalam buku “Membangun Kemitraan Menuju Diseminasi Inovasi Pertanian Berkelanjutan”, dimana mitra binaan masih dari 19 BPTP/LPTP (termasuk LPTP Kepulauan Riau dengan 11 Mitra Binaan), diharapkan BPTP /LPTP untuk segera melengkapi daftar mitra binaan.

Kepala Bidang KSPHP (Dr. Ir Hartati Mulyandari, M.Si) menyampaikan untuk tahun 2016 masing – masing BPTP/LPTP merekomendasikan 2 kelompok mitra binaan yang akan dibina secara intensif dengan target produksi dan pemasaran secara luas sehingga peningkatan nilai tambah bagi pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Dalam menambah pengetahuan dan informasi tentang “Teknologi Perancangan Kemasan Untuk Peningkatan Nilai Tambah Produk Pertanian”panitia mendatangkan narasumber dari Lembaga Pengembangan Kemasan UKM Indonesia Bapak Nasrullah Hasin. Dimana pada kesempatan ini beliau menekankan bagaimana cara pengemasan produk yang baik sehingga memiliki nilai tambah bagi petani.