JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke – 35 di Palembang

Puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke - 35 di Indonesia dilaksanakan pada hari Sabtu 17 Oktober 2015.  Palembang sebagai ibukota Provinsi Sumatera Selatan merupakan  tuan rumah. Pembukaan HPS Ke -35 secara resmi dibuka oleh Menteri Pertanian yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Bapak. Ir Hari Priyono, M.S. Kegiatan peringatan HPS ke-35 di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan meliputi pemberdayaan masyarakat, gelar teknologi, perlombaan, pameran dan bazaar, acara puncak, tour diplomatik, dokumentasi, publikasi dan penyiaran.  Para pengunjung tampak ramai memadatai area pameran baik out door maupun in door. Selain itu ada juga acara penanaman padi dan pemberian penghargaan inovasi pangan dan pertanian di Desa Sako, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Hari Pangan Sedunia ke-35 memberikan tema acara "Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan". Pemilihan tema ini berdasarkan pertimbangan antara lain 1) dari sisi jumlah, potensi petani sangat besar untuk menggerakan ekonomi Indonesia agar dapat mencapai berdaulat pangan, 2) Pemberdayaan petani terus dilakukan secara berkesinambungan agar keunggulan komparatif dan dapat ditingkatkan, 3) Keunggulan komparatif yang dimiliki petani akan meningkatkan daya saing petani di tataran Internasional sehingga mampu menyediakan beraneka ragam pangan dari sumber daya lokal.

Kegiatan yang dilakukan di out door yaitu pameran gelar teknologi (Galtek) yang di persembahkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan, Universitas dan kalangan swasta yang bergerak dibidang pertanian. Paket teknologi yang digelar berupa galeri beberapa komoditas unggul tanaman, kawasan rumah pangan lestari (KRPL), teknologi penanaman, alat mesin pertanian (alsintan), peternakan dan perikanan, hingga hasil produk olahan pangan.

Pada Gelar Teknologi ini Balitbangtan mengusung tema “Teknologi Unggulan Mendukung Swasembada Pangan dan Kesejahteraan Petani”, dengan tujuan masyarakat dapat mengadopsi teknologi yang dihasilkan oleh Balitbangtan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat luas mengetahui peran pemerintah, swasta, perguruan tinggi dan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.