JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Gelar Teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada HPS ke-35 di Palembang

Dalam rangka memperigati Har iPangan Sedunia (HPS) Ke - 35 di Palembang, Badan Peneltian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Gelar Teknologi (Geltek) di Jakabaring Spot City. Tidak hanya Balitbangtan, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan, Universitas serta kalangan swasta juga ikut berpartisipasi. Paket teknologi yang digelar berupa :

a) Teknologi Unggulan Tanaman Pangan

Komoditas tanaman pangan yang diperagakan pada Geltek ini merupakan komoditas strategis pendukung swasembada pangan yaitu padi, jagung dan kedelai.

b) Teknologi UnggulanTanaman Perkebunan

Komoditas tanaman perkebunan yang diperagakan pada geltek ini adalah komoditas strategis yang mendukung produksi gula yaitu tebu.

c) Teknologi Unggulan Peternakan

Di area timur geltek dekat Gymnasium tersaji pameran unggulan peternakan yaitu Budidaya hewan ternak sapi yang ramah lingkungan serta gelar pakan ternak spesifik lokasi.

d) Teknologi Unggulan Tanaman Hortikutura dan Budiadaya Hortikultura Intensif di Lahan Sempit berupa KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

Komoditas strategis yang dipamerkan pada Geltek ini diantaranya tanaman cabai merah dan cabai keriting, serta aneka tanaman sayuran. Sedangkan hortikultura Intensif di lahan sempit seperti Walkaponik, Vertiminaponik, Hidroponik, dan Wall Garden.

e) Teknologi Unggulan Tata Kelola Lahan dan Air serta Performance Inovasi Unggulan

Pada area Geltek terdapat saung Agroinovasi yang berada di tengah – tengah area. Saung ini memuat produk hasil inovasi unggulan dari lintas sektor beserta hasil olahannya. Di depan saung tersaji teknologi tata kelola air dengan pompanisasi, irigasi tetes dan sprinkle.

Pada Gelar teknologi ini, Balitbangtan mengusung Tema” Teknologi Unggulan Mendukung Swasembada Pangan dan Kesejahteraan Petani”, dengan tujuan bahwa masyarakat dapat mengadopsi teknologi yang dihasilkan oleh Balitbangtan sehingga terwujudnya swasembada pangan dan terwujudnya kesejahteraan petani.