JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kunjungan SMP IT Al Madinah ke LPTP KEPRI

Tanjungpinang, 25 September 2015. Siiswa SMP IT Al Madinah Tanjungpinang mengadakan study pendidikan ke Loka pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Kepuluan Riau yang diikuti oleh 56 siswa/siswi kelas VIII. Kunjungan ini berlangsung selama 2 hari yaitu dari tanggal 23 - 24 September 2015. Hari pertama kunjungan siswa perempuan dan hari kedua siswa laki-laki. Kunjungan siswa ini merupakan bagian dari mata pelajaran muatan lokal di SMP IT AL Madinah. Siswa ditugaskan untuk mengenal jenis-jenis tanaman yang ada di LPTP Kepri dan hasilnya akan dipresentasikan di sekolah mereka.

Kedatangan siswa disambut langsung oleh Kepala LPTP Kepri, Dahono, SP., M.Si. Siswa mendapat penjelasan tentang berbagai sejarah LPTP Kepri, jenis tanaman, cara menanam, pemilihan bibit yang baik, pengenalan benih padi dan pemupukan. Para siswa antusias mendengar penjelasan dari Kepala Loka.

Setelah penjelasan di dalam ruang rapat LPTP Kepri, siswa dibawa ke lapangan yang dibimbing oleh mentor dari pegawai LPTP Kepri. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok dan diajak berkeliling untuk mengenalkan tanaman sumber daya genetik (SDG) yang ada di lingkungan kantor LPTP Kepri. Ada tanaman Mangga, Belimbing, Mahoni, Jeruk Bali, Jambu Air, Jambu Biji, dan lain-lain. Kemudian dikenalkan juga dengan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), taman Agro-inovasi dan cara menanam bunga Krisan.

Selain itu, siswa juga didemokan cara menanam hidroponik. Menanam secara hidroponik yaitu bercocok tanam tanpa tanah tetapi menggunakan air mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Kandungan nutrisi dalam air harus diukur satu kali dalam seminggu. Tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik yaitu sayur daun seperti kangkung, bayam, pakcoy dan lain-lain.

Kunjungan siswa diakhiri dengan foto bersama Kepala LPTP, pegawai, guru pembimbing dan siswa SMP IT Al Madinah.