JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pembuatan KBD dan Demplot Pada Kelompok Wanita Tani “Flamboyan” di Tanjungpinang

Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi Negara sampai dengan perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau, serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan  produktif secara berkelanjutan. Kondisi ini hanya mungkin dicapai apabila pangan tersedia secara cukup dan mudah diakses rumah tangga.

Kawasan rumah pangan lestari (KRPL) dibangun untuk dapat memenuhi ketersediaan dan akses rumah tangga terhadap pangan  ditengah beragam persoalan saat ini terkait semakin terbatasnya pasokan pangan serta fluktuasi harga yang semakin sulit dikendalikan. Oleh karena itu LPTP Kepri mengupayakan pemenuhan pangan yang sehat dan bergizi pada tingkat rumah tangga melalui program KRPL.

KRPL ini bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Tanjungpinang dan warga Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang. Warga sangat antusias pada kegiatan ini ditandai dengan tingkat kehadiran anggota kelompok juga keikutsertaan RT setempat dan warga sekitar yang membantu dalam pelaksanaan kegiatan. Nama kelompok yang didampingi adalah Kelompok Wanita Tani Flamboyan. KWT ini berdiri pada tahun 2014. Kelompok ini merupakan kelompok baru yang dibentuk dan mendapat arahan dari Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan Propinsi Kepulauan Riau. LPTP Kepri berperan dalam pendampingan pembuatan Kebun Bibit Desa (KBD) dan demplot. KBD yang dibuat berukuran 4x5 m2. Pembuatan KBD ini dibantu oleh beberapa pegawai LPTP Kepri dan warga setempat. KBD dibuat untuk lahan pembibitan. Kemudian dibuat juga demplot untuk area budidaya.

Pembuatan demplot menggunakan papan dan diisi tanah yang dicampur dengan pupuk kandang untuk tempat menanam sayuran karena kondisi tanah di Kepulauan Riau merupakan tanah bauksit yang tidak cocok untuk tanaman. Untuk penanaman didampingi tim KRPL Kota Tanjungpinang dan selanjutnya dibina oleh LPTP Kepri. Bibit yang digunakan nantinya berasal dari Badan Litbang berupa kacang panjang, tomat, caisim, kangkung, cabe keriting dan terong. Kegiatan ini langsung dihadiri oleh Ibu Renta Sijabat, SP dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Tanjungpinang. Pembuatan KBD dan demplot masih akan dilanjutkan pada tanggal 30 Juli 2015.