JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosialisasi Pembuatan Urea Molases Blok (UMB) di Kelompok Ternak Cahyo Purnomo di Kabupaten Bintan

Bintan – Dalam rangka pelaksanaan Pengkajian mengenai Peningkatan Produktivitas Ternak kambing Lokal minimal 30% Melalui Perbaikan Pakan dan Sistem Pemeliharaan, diadakan sosialisasi mengenai Pembuatan Urea Molases Blok (UMB) di kelompok ternak Cahyo Purnomo di Desa Tembeling, Kampung Siantan, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.

Tujuan dari pelatihan pembuatan Urea Molases Blok (UMB) yakni untuk memperkenalkan teknologi baru kepada anggota kelompok ternak kambing Cahyo Purnomo, dimana mereka sebelumnya menyebutkan bahwa mereka baru pertama kali mendengar tentang adanya teknologi ini. UMB merupakan pakan suplemen bagi ternak ruminansia, yang berfungsi sebagai sumber energi dan protein. Sumber energinya berasal dari molases, sedangkan sumber protein berasal dari urea. Didalam tubuh ternak, kandungan N dalam urea disintesa menjadi protein oleh mikroba rumen (lambung ruminansia) yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak. Molases sendiri adalah limbah dari pabrik pengolahan gula yang dikenal dengan istilah tetes tebu.

Pembuatan UMB terdiri dari bahan pengisi dan perekat. Sebagai bahan pengisinya adalah dedak, mineral, garam dan konsentrat. Sementara bahan pengikatnya berupa molases, semen dan kapur dolomit. Komposisi masing-masing bahan adalah : dedak 35%, urea 5%, dolomit 1,5%, mineral 5%, konsentrasi 20%, garam 2%, semen putih 1,5%, molases 30%.

Aplikasi pembuatan UMB dapat dilaksanakan sengan dua cara yaitu cara panas dan cara dingin. Pembuatan cara panas dilakukan dengan memanaskan molases, garam, urea  pada suhu 700C, kemudian dicampurkan dengan bahan lainnya hingga rata. Setelah agak dingin, dilakukan pencetakan dan dikeringanginkan. Untuk pembuatan UMB dingin, dilakukan dengan mencampurkan semua bahan dalam kondisi dingin kemudian diicetak dan dikeringanginkan. Pemberian UMB untuk ternak kambing adalah 4% dari bobot badan/ekor/hari, sedangkan untuk ternak sapi pemberian UMB adalah 2% dari bobot badan/ekor/hari.