JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Metode Penyuluhan Yang Tepat dan Berhasil Guna Dalam Meningkatkan Keberhasilan Program Sehingga Terwujudnya Kesejahteraan Petani

Tanjung Pinang - Loka Pengkajian Teknologi Pertanian adalah unit kerja dibawah Badan Litbang Pertanian Jakarta, dibawah koordinasi Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan  Teknologi Pertanian (BBP2TP) yang mempunyai tugas melaksanakan pengkajian, perakitan dan pengembangan teknologi tepat guna spesifik lokasi Kepulauan Riau. Dalam menjalankan tugas dan fungsi program, sejak berdirinya LPTP Kepulauan Riau (2012) sampai sekarang telah mengembangkan program dalam pembangunan pertanian di Kepri. Salah satu program yang trend saat ini adalah Bio-Industri spesifik lokasi. Program Bio-Industri di LPTP Kepri pada tahun 2015 ini adalah Bio-Industri berbasis ternak Kambing dan Sayuran.

Untuk menjalankan program khususnya Bio-Industri, keberhasilannya tidak luput dari metode partisifatif kondisi desa (PRA), Baseline Survey dan koordinasi serta kerjasama yang baik antara para peneliti sebagai pelaksana penelitian, pengkaji dan perakitan teknologi pertanian dan penyuluh sebagai pelaksana pengembangan teknologi dan diseminasi hasil pengkajian pertanian kepada stakeholders maupun petani.

Oleh karena itu, penyuluh pertanian dalam menyampaikan informasi harus memperhatikan metode dan teknik penyuluhan yang tepat dan berhasil guna sehingga informasi teknologi pertanian tersampaikan dengan baik kepada petani. Pada kegiatan Bio-Industri peran penyuluh sangatlah penting, agar teknologi yang telah dihasilkan dapat diterapkan dan diadopsi oleh petani

Penyuluh pertanian perlu mencari metode yang tepat dan bagaimana cara penyampaian materi (isi pesan) kepada petani beserta anggota keluarganya baik secara langsung maupun tidak langsung agar mereka tahu, mau dan mampu menggunakan inovasi baru. Dengan tujuan untuk menimbulkan perubahan yang dikehendaki yaitu perubahan perilaku petani dan anggota keluarganya dapat berdaya guna & berhasil guna.

Penyuluh pertanian juga harus menerapkan prinsip Metode Penyuluhan Pertanian yaitu:

1. Mengerjakan artinya kegiatan penyuluhan harus sebanyak mungkin melibatkan masyarakat untuk menerapkan sesuatu.

2. Akibat artinya kegiatan pertanian harus memberikan dampak yang memberi pengaruh baik.

3. Asosiasi artinya kegiatan penyuluhan harus saling terkait dengan kegiatan lainnya.

Metode penyuluhan yang tepat dan berhasil guna akan dapat terwujud kesejahteraan petani melalui program Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dan Loka Pengkajian Teknologi Pertanian.