JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Penyuluh Pertanian Harus Kreatif Dan Inovatif Dalam Mendiseminasikan Teknologi Pertanian

Tanjung Pinang - Penyuluh pertanian harus kreatif dan inovatif dalam menyampaikan informasi teknologi pertanian kepada petani. Penyuluh pertanian juga harus bisa menjadi agen pemberi perubahan pada petani baik perilaku dan pola pikir (mindset) dalam mengelola usaha taninya. Penyuluh harus kreatif dalam merangsang petani untuk tertarik dan mau mengadopsi suatu teknologi pertanian yang bisa meningkatkan pendapatannya, sehingga taraf hidupnya meningkat.

Dalam menyampaikan informasi kepada petani, Penyuluh harus bisa menerapkan teknik komunikasi yang baik yaitu komunikasi langsung (direct communication/face to face communication), contohnya: obrolan di sawah, obrolan di balai desa, obrolan di rumah, telepon/HP, kursus tani, pameran. Dan komunikasi tidak langsung (inderect communication), pesan disampaikan melalui perantara (medium atau media), contohnya: publikasi dalam bentuk cetakan, poster, siaran radio/TV.

Penyuluh juga harus inisiatif, mempunyai komitmen, profesional dan integritas dalam menyampaikan informasi dan inovasi kepada petani, dengan cara melakukan pendekatan baik secara perorangan (kunjungan rumah, telepon), pendekatan kelompok (diskusi kelompok, temu lapang, kursus tani) dan pendekatan massal (pameran, pemasangan foster, penyebaran bahan bacaan seperti leaflet, brosur dan folder).

Penyuluh dalam menjalankan kegiatan dari hasil penelitian dan pengkajian oleh peneliti yang telah direncanakan, harus melakukan evaluasi akhir. Dengan tujuan apakah suatu kegiatan sesuai dengan perencanaan, kriteria yang telah ditentukan dan tujuan yang diharapkan. Sehingga dengan evaluasi akhir, suatu program bisa diteruskan, direvisi atau bahkan di ganti sama sekali.

Keberhasilan suatu kegiatan adalah tercapainya informasi dan inovasi baru terhadap petani, dimana petani bisa dan mampu menerapkan serta mengadopsi dalam usaha taninya sehingga memberikan dampak positif baik dalam pendapatan maupun kesejahteraan keluarganya serta inovasi teknologi yang berkelanjutan.