JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pelaksanaan PRA dan Baseline Survey Kegiatan Bioindustri di Kabupaten Bintan

Tanjungpinang – BIOINDUSTRI adalah sistem pertanian yang mengelola dan memanfaatkan secara optimal seluruh sumberdaya hayati bagi kesejahteraan masyarakat dalam suatu ekosistem secara harmonis. Pengembangan bioindustri dibangun dalam bentuk kawasan pertanian, sehingga menjadi kawasan pertanian bioindustri, oleh karena itu dalam proses perencanaan pengembangan kawasan bioindustri terlebih dahulu perlu melakukan identifikasi dan karakterisasi calon lokasi pengembangan bioindustri dengan melakukan PRA dan Baseline Survey.

Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Kepulauan Riau mengembangkan kegiatan bioindustri dengan melakukan koordinasi, mulai tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan untuk memastikan calon lokasi. Pengembangan bioindustri di LPTP Kepulauan Riau akan dilakukan di Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan. Pengembangan Kawasan mencakup seluruh wilayah kelurahan Toapaya Asri. Kegiatan PRA dilakukan pada tanggal 28 – 30 April 2015 bertempat di Aula Kelurahan Toapaya Asri. Petani kooperator yang diundang diantaranya seluruh anggota kelompok peternak kambing “Harapan Jaya” sebanyak 16 orang, Kelompok Wanita Tani “Rosella” 10 orang dan petani kooperator yang mewakili calon peternak ayam buras sebanyak 10 orang.

Diskusi kelompok dilakukan dengan cara membagi petani kooperator menjadi 5 kelompok kecil, setiap kelompok kecil dipandu oleh 1 orang petugas. Kegiatan pra dan baseline survey pengembangan bioindustri di LPTP Kepri dipandu langsung oleh kepala LPTP Kepulauan riau yaitu Bapak Dahono, SP., MP beserta TIM yaitu Dr. Lutfi Izhar, Yayu Z, S.Pt., M.Si, drs. Supriadi, Catur P, SP., SST, Fitri Ramadani dan Yoka Putra Arena serta melibatkan PPL Kecamatan Toapaya yaitu Bapak Kasmir beserta staf Kelurahan Toapaya Asri.