JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kepri Mengikuti Workshop Aplikasi Monev Lingkup Kementerian Pertanian TA 2019 Wilayah Sumatera

 

Batam. Dalam rangka Penerapan aplikasi SmArt  (PMK 214/PMK 02/2017) dan Aplikasi e –Monev Gen III Versi 3.0 Bappenas (Peraturan Pemerinntah  No.39/2006), Biro Perencanaan Kementerian Pertanian melaksanakan Workshop Aplikasi Monev Lingkup Kementerian Pertanian TA 2019 Wilayah Sumatera yang di selenggarakan di Hotel Swiss Bell Hotel Harborbay Kota Batam, pada tanggal 22-23 April 2019.Peserta diikuti sebanyak ±120 orang terdiri dari Pejabat Monev dan Operator Aplikasi Monev Lingkup Eselon I Kementerian Pertanian, UPTD Lingkup Kementerian Pertanian dan UPTD Dinas Pertanian Provinsi, Kabupaten/Kota Wilayah Sumatera. Pada Kesempatan Ini BPTP Kepri mengirimkan Zulfawilman, S.Pt(Program BPTP Kepri) dan Jonri Suhendra Sitompul, SP (sekretaris Monev/Operator Monev BPTP Kepri).

Workshop Aplikasi Monev Kementerian Pertanian Tahun 2019 diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta terhadap berbagai aplikasi monev yang ada di lingkup Kementerian Pertanian khususnya terhadap aplikasi monev SMART (PMK No. 214/PMK.02/2017) dan aplikasi e-Monev Gen III Versi 3.0 Bappenas (PP No. 39/2006). Dengan meningkatnya pemahaman para petugas monev terhadap berbagai aplikasi yang ada, diharapkan akan berujung kepada peningkatan kuantitas dan kualitas pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di lingkup Kementerian Pertanian.

Adapun Tujuan Workshop Aplikasi Monev ini adalah (a) tersosialisasikannya tata cara pengisian laporan pada Aplikasi e-Monev Bappenas dan SMART Tahun 2019 kepada seluruh pejabat dan petugas monev lingkup Kementerian Pertanian, (b) mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang muncul dalam penyusunan laporan pada aplikasi e- Monev Bappenas dan SMART sekaligus mencarikan alternatif solusi pemecahan masalah, serta menjaring umpan balik dari peserta workshop terkait perbaikan kedua aplikasi tersebut, dan (c) meningkatkan kualitas monev lingkup Kementerian Pertanian, khususnya yang dilaporkan melalui aplikasi e-Monev Bappenas dan SMART..

Hari Pertama (22/04), Acara diawali dengan laporan ketua pelaksanaan kegiatan Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan I Ibu Maria, Rosalin, SP, Kemudian dilanjutkan kata sambutan selamat datang dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Batam Bapak Mardanis, Dilanjutkan dengan pembukaan oleh Plt Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan Ibu Rani Mutiara, Kemudian dilanjutkan dengan Pembahasan Aplikasi e-Monev Bappenas (PP39/2006) oleh Bapak Riko Anugrah Mulia Pratama, S. Kom (Narasumber Kementerian Bappenas) dengan topic Bahasan a) Evaluasi Pelaksanaan Aplikasi e-monev Bappenas lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2018, b) Penjelasan aplikasi e-Monev tahun 2019.

Hari Kedua (23/04) di awali dengan dengan Pemaparan Sistem Pemantauan dan Evaluasi Lingkup Kementan Tahun 2019 oleh Ibu Rani Mutiara Plt Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan, Kemudian dilanjutkan dengan Aplikasi SmArt (PMK 214/2017) dengan topik bahasan a) Evaluasi Pelaksanaan Aplikasi SmART Tahun 2018 b) Penjelasan Aplikasi SmArt tahun 2019.

Setelah Ishoma, acara dilanjutkan dengan topic Workshop Aplikasi e –Monev Bappenas Tahun 2019 dan Workshop Aplikasi SmArt Tahun 2019 dengan Narasumber Tim Evaluasi Biro Perencanaan dan Fasilitator Eselon I Kementerian Pertanian (Jonri Suhendra Sitompul, SP)