JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bptp Kepulauan Riau Koordinasi Pentingnya Programa Penyuluhan Tingkat Provinsi

Kegiatan koordinasi dilaksanakan dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepulauan Riau. Tujuan koordinasi adalah 1) memastikan pelaksanaan penyusunan programa akan dilaksankan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepulauan Riau baik berupa anggaran dan fasilitasi regulasi; 2) mengidentifikasi dan analisa data kelembagaan penyuluhan dan petani agar menjadi masukan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan pertanian; 3) pembicaraan penguatan kapasitas penyuluh daerah. BPTP Kepulauan Riau mengutus tiga orang penyuluh pertanian (Robinson Putra, SP., M.Si, Jonri Suhendra Sitompul, SP) dan calon penyuluh (Firsta Anugerah Sariri, SP). Mengapa pentingnya singkronisasi materi litkaji dalam penyusunan programa penyuluhan untuk memastikan masuknya materi penyuluhan bersumber dari lembaga penelitian/pengkajian seperti Balitbangtan.

Badan Litbang Pertanian bukan hanya menghasilkan inovasi atas dasar perhitungan statistik yang indah tapi atas dasar kemanfaatan secara sosial daan ekonomi. Artinya bermuara kepada penerapan yang bermanfaat dan berkualitas bagi petani.

Sehingga penting BPTP Balitbangtan Kepri melaksanakan kegiatan sinkronisasi materi hasil litkaji dan penyusunan programa penyuluhan pertanian tingkat Provinsi dan Kabupaten. Penyusunan programa penyuluhan mengacu pada peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia  nomor: 47/permentan/sm.010/9/2016 tentang pedoman penyusunan programa penyuluhan pertanian. Programa penyuluhan disusun secara sistematis dengan memperhatikan aspirasi pelaku utama dan pelaku usaha, serta pemangku kepentingan lainnya sebagai arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan penyuluhan pertanian. 

Hasil koordinasi adalah: 1) fasilitasi penyusunan programa akan dilaksankan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepulauan Riau baik berupa anggaran dan fasilitasi regulasi bekerjasama dengan BPTP Kepulauan Riau; 2) perlu tindak lanjut analisis data kelembagaan penyuluhan dan petani agar menjadi masukan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan pertanian; 3) akan adanya rencana tindak lanjut penguatan kapasitas penyuluh daerah (Robinson Putra, SP.,M.Si/Penyuluh Pertanian BPTP Kepri).