JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Survey Kelayakan Pekarangan Anggota KWT Kemuning

Bintan. Bertempat di Desa Ekang Anculai tim BPTP Kepulauan Riau melakukan kegiatan  survey lokasi Pendampingan KRPL tahun 2019 yang dilakukan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Kemuning, Desa Ekang Anculai, Kabupaten Bintan, Kamis (31/1).

Tujuan kedatangan tim BPTP Kepulauan Riau yaitu untuk survey kelayakan pekarangan  rumah-rumah anggota KWT Kemuning yang nantinya akan dilakukan pengembangan jahe merah dan buah naga.

Ibu Katmirah selaku ketua KWT Kemuning menyambut baik kedatangan tim dari BPTP Kepulauan Riau, dalam kesempatan itu tim BPTP Kepulauan Riau diajak juga untuk mengunjungi rumah-rumah anggota KWT Kemuning lainnya yang saat itu anggota KWT berada di penampungan hasil panen.

Dari informasi yang diperoleh hasil panen bengkoang para petani di Desa Ekang dikumpulkan di rumah penampungan  dan setiap 2 hari sekali hasil panenan ini  akan didistribusikan ke Kota Batam.

Salah satu hal yang menjadi perhatian dari tim BPTP Kepulauan Riau saat melakukan survey yaitu hampir seluruh anggota KWT Kemuning mengembangkan budidaya bengkoang dan hasil panen bengkoang  mempunyai jumlah yang lebih besar dibandingkan tanaman lain, namun harga jualnya masih relatif murah, harga jual petani bengkuang segar pada saat tim BPTP melakukan kunjungan adalah Rp. 4.000,-/kg.

Dalam kesempatan itu juga tim BPTP mengunjungi rumah bibit KWT Kemuning ditemukan beberapa tanaman di dalamnya kurang terawat dan berdasarkan informasi yang diperoleh langsung dari ketua KWT Kemuning, rumah pembibitan KWT Kemuning akan dipindahkan ke lahan kosong yang berada tepat di samping rumah Ketua KWT Kemuning.

Hal ini dikarenakan di rumah bibit  KWT Kemuning saat ini sangat sulit sekali untuk mendapatkan air jika berada pada musim kemarau, ungkapnya.