JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Adakan Bimtek Pencangkokan Salak Sari Intan

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Temu Teknis Inovasi Pertanian di Desa lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan pada 29 Oktober 2018. Kegiatan tersebut dihadiri oleh penyuluh, peneliti dan petani. Kegiatan yang bertempat di lahan kebun salak milik petani tersebut ditujukan dalam upaya mendukung pengembangan budidaya Salak Sari Intan di Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau.

Asmarhansyah dari BPTP Kepulauan Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa para petani salak harus fokus dan sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan budidaya Salak Sari Intan yang menjadi khas Kabupaten Bintan. Selain itu, peluang pangsa pasar buah salak masih terbuka lebar yang sampai saat ini masih belum sepenuhnya dapat dipenuhi. 

Peserta temu teknis dalam sesi pertama mendapatkan paparan materi dari Dinas Pertanian Bintan yang disampaikan Fadil. Materi yang dipaparkan meliputi (a) Sejarah Salak Sari Intan di Kabupaten Bintan, (b) Varietas yang telah dilepas, (c) pembibitan dan perbanyakan vegetatif tanaman, (d) perbanyakan cangkok, dan (e) persiapan tanam. Pada sesi kedua petani diajak untuk praktik langsung pencangkokan di area kebun salak. Mayoritas petani yang telah mengikuti kegiatan menyampaikan bahwa dia senang sekali mendapatkan ilmu dan praktik pencangkokan salak dan berharap semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan dapat dimanfaatkan untuk pribadi dan petani yang lain.