JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kepri Mendukung Ketahanan Pangan Dalam Pengembangan Wilayah Perbatasan Dengan Demoplot dan Bimtek Padi di Kabupaten Natuna

Natuna, (18 Oktober 2018) BPTP Balitbangtan Kepulauan Riau melakukan kegiatan bimbingan teknis untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya pertanian khususnya diwilayah perbatasan.  Latar belakang permasalahan yang dihadapi oleh petani adalah 1) lahan mengandung keasaman tinggi, 2) pemupukan tidak berimbang, tidak dilakukan pencucian lahan, kurangnya aplikasi kapur pertanian,3) Ketersediaan sarana produksi pertanian yang kurang sesuai baik kuantitas dan kualitas. Menjawab permasalahan budidaya padi sawah BPTP Balitbangtan Kepri melakukan kegiatan bimbingan teknis kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Natuna. Metode pelaksanaan dengan pemutaran film, bahan tayang PPT tentang budidaya padi sawah spesfik lokasi dengan berbagai teknologi budidaya padi sawah. Nara sumber memberikan kesempatan dalam diskusi kepada peserta kegiatan untuk menyampaikan terkait budidaya padi sawah. Peserta yang hadir sejumlah 30 orang sesuai dengan undangan yang disampaikan.

 

Bimbingan teknis budidaya padi sawah di Kabupaten Natuna bertempatan di desa Gunung Putri Kecamatan Bunguran Batubi Kabupaten Natuna. Bimbingan teknis budidaya padi yang dihadiri penyuluh pertanian(THL), upt pertanian Kab. Natuna, petani kooperator dan kelompok tani. Narasumber dari BPTP Balitbangtan Kepri(Penyuluh Pertanian :Robinson Putra). Teknologi yang didesiminasikan 1. VUB Badan Litbangtan Pertanian, 2. Pencucian lahan, 3. Pemupukan berimbang, 4. Pemupukan organik dan pengapuran, 5. Intermitten Drainase.

Kegiatan demoplot merupakan salah.satu kegiatan pemetaan dan pengembangan wilayah perbatasannya mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Natuna. Ketahanan pangan diwilayah perbatasan. Pendekatan kelompok tani digunakan dalam kegiatan demoplot dan bimbingan tekni, diharapkan akan meningkatkan adopsi inovasi secara masal. Menurut kepala BPTP Balibangtan Kepri (Dr.Ir. Mizu Istianto, MP) kegiatan bimbingan teknis perlu di lakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan oleh para pihak yang terkait. Lebih lanjut disampaikan demoplot sebagai alat agar pelaksanaan penerapan teknologi budidaya padi sawah mudah di adopsi oleh para petani. Mudah-mudahan Kabupaten Natuna menjadi Kabupaten dengan swasembada pangan berbasis kepulauan (Robinson Putra)