JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bimbingan Teknis Perbenihan dan Budidaya Buah Tropika Mendukung Pengembangan Tanaman Buah di Wilayah Perbatasan

Prioritas kebijakan pemerintah sebagaimana dituangkan dalam nawa cita diantaranya mencakup semangat untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.Salah satu penjabarannya di sektor pertanian dalam bentuk upaya pembangunan lumbung pangan berorientasi ekspor di wilayah perbatasan.

Kawasan pinggiran yang dimaksud diantaranya yaitu wilayah perbatasan negara yang menjadi titik temu secara geografis dengan negara lain. Provinsi Kepulauan Riau termasuk salah satu wilayah yang berbatasan secara langsung dengan Negara Malaysia dan Singapura. Dengan demikian Provinsi ini termasuk menjadi target untuk pengembangan lumbung pangan diantaranya untuk komoditas hortikultura buah.

Dalam rangka mendukung pengembangan tanaman buah di wilayah perbatasan, telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perbenihan dan Budidaya Buah Tropika pada Hari Rabu tanggal 10 Oktober 2018 bertempat di UPTD BBI Pertanian dan Kehutanan Povinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kepulauan Riau (BPTP-Balitbangtan Kepri) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Kepulauan Riau. Bimtek diikuti lebih dari 50 orang peserta diantaranya terdiri dari para petani yang berasal dari beberapa kelompok tani; pihak swasta yang bergerak di sektor pertanian; para petugas balai benih provinsi, kabupaten/kota; para petugas dinas pertanian provinsi, kabupaten/kota dan para penyuluh pertanian provinsi, kabupaten/kota.

Materi dan narasumber bimtek seluruhnya dari Balitbu Tropika, antara lain:

  1. Perbenihan dan budidaya manggis (Dr. Ir. Ellina Mansyah, M.P.)
  2. Perbenihan dan budidaya mangga (Ir. Rebin & Dr. Muryati)
  3. Perbenihan dan budidaya buah naga dan durian (Dr. Panca Jarot Santoso)
  4. Perbenihan dan budidaya pisang (Dr. Agus Sutanto, M.Sc.)

Materi disampaikan secara interaktif di kelas dan langsung praktik di lapangan. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan.